Alat Baru SCALE Memungkinkan Aplikasi CUDA Berjalan di GPU AMD

Alat Baru SCALE Memungkinkan Aplikasi CUDA Berjalan di GPU AMD

Spectral Compute telah memperkenalkan SCALE, sebuah alat baru yang memungkinkan program CUDA berjalan langsung di GPU AMD tanpa perlu modifikasi kode, lapor Phoronix. SCALE dapat secara otomatis mengompilasi kode CUDA yang ada untuk GPU AMD, yang sangat menyederhanakan transisi perangkat lunak yang awalnya dikembangkan untuk perangkat keras Nvidia ke platform lain tanpa melanggar perjanjian lisensi pengguna akhir.

SCALE dari Spectral adalah seperangkat alat yang mirip dengan CUDA Toolkit dari Nvidia, yang dirancang untuk menghasilkan biner untuk GPU non-Nvidia saat mengompilasi kode CUDA. SCALE berupaya mencapai kompatibilitas sumber dengan CUDA, termasuk dukungan untuk implementasi unik seperti inline PTX dan implementasi C++ dari nvcc, meskipun dapat menghasilkan kode yang kompatibel dengan ROCm 6 dari AMD. Salah satu keuntungan signifikan dari SCALE adalah kemampuannya untuk bertindak sebagai pengganti langsung untuk kompiler nvcc dari Nvidia. Oleh karena itu, tidak seperti proyek lain yang menerjemahkan kode CUDA ke bahasa lain atau menggunakan langkah manual lainnya, SCALE langsung mengompilasi sumber CUDA untuk GPU AMD.

Implementasi SCALE memanfaatkan beberapa komponen open-source LLVM untuk menciptakan solusi yang efisien dan ramah pengguna. Paket perangkat lunak ini bertujuan untuk menawarkan solusi yang lebih mulus dan terintegrasi dibandingkan dengan ZLUDA, yang merupakan lapisan terjemahan yang dilarang untuk digunakan. SCALE bahkan meniru runtime CUDA Toolkit dari Nvidia, membuatnya lebih mudah bagi pengembang untuk memindahkan program CUDA mereka yang ada ke perangkat keras AMD.

SCALE telah menjalani pengujian ekstensif dengan berbagai perangkat lunak, termasuk Blender, Llama-cpp, XGboost, FAISS, GOMC, STDGPU, Hashcat, dan Nvidia Thrust, dan terbukti bekerja dengan stabil dan benar. Pengujian telah dilakukan pada GPU RDNA 2 dan RDNA 3, dengan pengujian dasar pada RDNA 1 dan pengembangan yang sedang berlangsung untuk dukungan Vega. Namun, para pengembang tidak memiliki akses ke GPU berbasis CDNA dari AMD.

Kurangnya dukungan untuk prosesor berbasis CDNA adalah kekurangan dari SCALE karena perangkat lunak pusat data yang dirancang menggunakan CUDA dan untuk perangkat keras yang kompatibel dengan CUDA mendominasi ruang AI yang berkembang pesat dan banyak pengembang tertarik untuk dengan mudah memindahkan program mereka ke platform pesaing, memperluas pasar yang dapat mereka jangkau.

Pendanaan untuk SCALE disediakan oleh bisnis konsultasi Spectral Compute sejak tahun 2017, tanpa dukungan keuangan dari AMD. Meskipun program ini tidak open source, ada Lisensi Edisi Gratis yang tersedia dan ini dapat digunakan untuk aplikasi komersial.

Iptek